Yamaha Perpanjang Kerjasama di MotoGP™ Hingga Tahun 2026

Setelah Ducati, giliran Yamaha yang menyatakan komitmennya untuk tetap berpartisipasi dalam kejuaraan dunia kelas utama MotoGP, hingga tahun 2026. Komitmen tersebut dinyatakan dalam perjanjian kerjasama antara Yamaha Motor Co., Ltd. dengan Dorna Sports, 15 Februari 2021.

Motor Yamaha untuk kompetisi MotoGP 2021, foto: motogp.com

Yamaha pun mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kontrak dengan pemegang hak komersial dan promotor seri Dorna Sports S.L. untuk melanjutkan partisipasinya MotoGP™ FIM selama lima tahun ke depan, dari tahun 2022 hingga 2026.

Hal tersebut secara resmi dikonfirmasi oleh Lin Jarvis – Direktur Pelaksana Yamaha Motor Racing – Lin Jarvis, pada saat sesi tanya jawab dengan media usai peluncuran Tim Monster Energy Yamaha MotoGP untuk musim 2021.

Yamaha memulai ajang balap World Grand Prix pada tahun 1961, sehingga musim merupakan tahun yang ke-60 pabrikan Jepang itu di kancah balap dunia. Sepanjang kepersertaannya di MotoGP Yamaha telah mengamankan total 511 kemenangan Grand Prix, 38 Gelar Juara Dunia Rider, 37 Gelar Konstruktor  dan lima gelar Triple Crown.

Baca – Dcati Tetap di MotoGP Sampai Musim 2026

Yamaha Motor Co., Ltd. dan Yamaha Motor Racing Srl pun melalui momen peluncuran itu mengucapkan terima kasih kepada Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports S.L., serta semua manajemen dan seluruh staf Dorna MotoGP™ atas kerja keras dan motivasi yang tak kunjung padam yang berkontribusi untuk menjadikan MotoGP™ sebagai puncak balap motor.

“Pertama dan terpenting, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengungkapkan rasa terima kasih saya kepada Carmelo Ezpeleta dan Dorna, serta semua personel Yamaha yang telah membuat kesuksesan kami berjalan di tingkat tertinggi balapan sepeda motor,” kata Toyoshi Nishida – Yamaha Motor Co., Ltd.’s Executive Officer, seperti diberitakan motogp.com.

Dua pembalap pabrikan Yamaha:Fabio Quartararo dan Maverick Vinales

“Di Yamaha, kami sangat bangga dapat ambil bagian dalam balap motor Grand Prix. Kami semua sangat senang bahwa kami dapat memastikan perpanjangan kontrak untuk lima tahun ke depan pada awal musim yang penting bagi perusahaan kami,” tambahnya.

Toyoshi Nishida pun menyatakan bahwa keingingan Yamaha dalam hal balap motor dan menghadapi tantangannya tetap tidak berubah dari tahun GP 1961 hingga saat ini, karena MotoGP merupakan bagian besar DNA Yamaha.

“Yamaha mulai berkompetisi di balapan World Grand Prix pada tahun 1961. Enam puluh tahun kemudian, hasrat Yamaha untuk balap motor dan keinginan untuk menghadapi tantangan tetap tidak berubah. MotoGP merupakan bagian besar dari DNA Yamaha. Teknologi mutakhir kelas utama akan terus berlanjut. untuk membuat jalan mereka ke sepeda jalanan Yamaha, membawa fantasi sepeda motor dan motorsport pelanggan ke kehidupan di dalam dan di luar jalur, memberi mereka perasaan Kando,” masih kata Nishida.

baca – Update Kalender Sementara MotoGP 2021, Ada Indonesia?

Sementara Carmelo Ezpeleta – CEO Dorna Sports menyatakan terima kasih kepada Yamaha, atas kolaborasi jangka panjang antara Dorna Sports dengan Yamaha. Menurutnya Yamaha adalah pabrikan yang selalu menunjukkan komitmen besar terhadap kejuaraan dunia MotoGP.

“Pertama-tama, saya ingin berterima kasih kepada Nishida-san dan semua anggota Yamaha atas kolaborasi jangka panjang selama bertahun-tahun ini. Di Dorna kami senang menjadi bagian dari puncak kemitraan ini dengan memperpanjang perjanjian kami dengan Yamaha,” kata Carmelo Ezpeleta.

“Kami sangat ingin menyaksikan babak baru pabrikan ikonik Jepang ini merayakan ulang tahun ke-60 di kancah balap, sebuah pabrik yang selalu menunjukkan komitmen besar dengan Kejuaraan Dunia MotoGP dan yang masa depannya akan lihat banyak tantangan menarik lainnya untuk dinikmati bersama di tahun-tahun mendatang ini,” pungkas Ezpeleta.

Musim ini tim pabrikan Yamaha menurunkan dua rider yakni Maverick Viñales dan Fabio Quartararo.

Demikian, semoga bermanfaat.

One thought on “Yamaha Perpanjang Kerjasama di MotoGP™ Hingga Tahun 2026

  1. Pingback: Tim Monster Energy Yamaha MotoGP 2021 Resmi Diluncurkan | SEKO71.COM

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s