Touring Jambi – Timor Leste, Ini Spare Part NMAX yang Diganti Lilik

Masih membahas kisah kesuksesan Lilik Gunawan, seorang rider asal Jambi yang berhasil melakukan single touring Jambi – Timor Leste. Lilik yang ditemani Balda (5) anaknya itu, menelusuri jalan sepanjang 5.021 km untuk bisa sampai di Dilli Timor Leste negara tetangga.

Lilik yang menjalankan misi tertentu dalam touring tersebut yakni Ride to East Touring mengumpulkan surat cinta untuk Ibu.

Usai perjalanan jauh, banyak cerita yang dikisahkan rider yang pernah umroh ke Mekkah menggunakan transportasi motor itu bagi pembaca. Menempuh jarak lebih dari 5.000 kilometer, Lilik dan Balda menghabiskan waktu 50 hari untuk perjalanan. Dalam touring itu ia menggunakan motor All New NMAX 155 Connected/ABS milik kesayangannya.

Dalam perjalanan sejauh itu, tentu berbagai kondisi jalan ia lewati. Jalan beragam itu sangat menguji kekuatan fisik dan daya tahan motor yang ia digunakan. Belum lagi selama perjalanan Lilik harus membawa 3 travel box dengan kondisi full load yang terpasang di sisi kiri – kanan, dan belakang motor. Tak hanya itu, jalan di wilayah timur Indonesia terkenal ekstrem, bahkan ada istilah jalur 1.000 tikungan untuk wilayah itu. Ujian fisik makin jadi ketika harus mengadapi cuaca panas. Sekali lagi hal itu membutuhkan kondisi fisik dan motor yang prima.

baca – Fitur Ini Bantu Lilik Gunawan Tuntaskan Touring Jambi Timor Leste

Namun ada yang menarik dari cerita Lilik. Ia mengaku sepanjang perjalanan dari Merangin Jambi sampai dengan Timor Leste hanya melakukan penggantian kampas rem, servis ringan, dan ganti oli di bengkel resmi.

“Dari Merangin, Jambi hingga Timor Leste saya mampir di Yamaha (bengkel resmi) hanya untuk melakukan servis ringan dan mengganti kampas rem serta ganti oli. Sisanya aman. Saya akui motor ini (All New NMAX 155 Connected/ABS) tangguh betul,” kata Lilik Gunawan.

baca – Bikers Vietnam Touring ke 5 Negara

“Padahal jalur yang dilewati cuacanya panas kadang bahkan berubah hujan seketika, tentu ini kan mempengaruhi suhu mesin kan. Belum lagi jarak tempuh yang panjang dengan bawaan saya yang full load, banyak sekali. tapi ya terbukti motor ini bisa sampai di Timles (Timor Leste) tanpa ada suatu kendala,” tandasnya.

Ini bukan kali pertama Lilik dan Balda menguji ketangguhan motor NMAX. Tahun 2019 motor yang meraih gelar Bike of The Year dan Motorcycle of The Year 2020 itu, pernah dipakai Lilik untuk melakukan  touring lintas negara sejauh 20.000 km lebih. Waktu itu ia touring menuju kota suci Mekkah di Arab Saudi, yang ia selesaikan dalam waktu 8 bulan hingga kembali tiba di Indonesia.

Demikian, semoga bermanfaat.

One thought on “Touring Jambi – Timor Leste, Ini Spare Part NMAX yang Diganti Lilik

  1. Pingback: All New NMAX juga Hadir dengan Warna Prestige Silver | SEKO71.COM

Comments are closed.