Momen Emosional Perpisahan Rossi dan Tim Pabrikan Yamaha

Balap MotoGP Portugal yang berlangsung pada Minggu, 22 November 2020 menjadi kesempatan terakhir Valentino Rossi untuk membalap bersama tim pabrikan Yamaha, Monster Energy Yamaha MotoGP.

Seremoni perpisahan Valentino Rossi dan Tim Monster Energy Yamaha MotoGP, foto: yamaha-racing.com

Usai balapan pun kedua pihak melakukan ‘seremonial’ perpisahan di paddock Yamaha, bersama para crew dan petinggi Yamaha Racing.

Seperti diketahui musim ini merupakan musim akhir Rossi di tim yang pernah dibelanya selama 15 tahun itu. Selanjutnya The Doctor akan membela ‘tetangga’ yakni tim satelit Yamaha, yakni Petronas Yamaha SRT bersama runner up MotoGP 2020 – Franco Morbidelli, yang juga anak didik Rossi.

Momen emosional pun terjadi dalam perpisahan itu, keduanya saling mengucapkan terima kasih, sekaligus mengenang berbagai kesuksesan sekaligus pasang-surut prestasi dalam kebersamaan mereka. Yamng pasti tak ada tim MotoGP yang statis, dengan raihan dan anggota yang selalu sama, semuanya silih berganti seiring dinamika MotoGP.

baca – Rossi Resmi Bergabung dengan Petronas Yamaha SRT untuk Musim 2021

Hal tersebuit disampaikan Lin Jarvis – Managing Director Yamaha Factory Racing dalam perpisahan itu.

“Ini adalah momen yang emosional. Selalu sedih untuk mengucapkan selamat tinggal, terutama kepada orang-orang yang telah menjadi bagian penting dari tim. Tapi tidak ada dalam hidup yang berkelanjutan, tidak ada yang tetap sama, dan itu juga sifat dari MotoGP. Situasi di paddock terus berkembang. Orang-orang datang ke tim, beberapa pergi, dan beberapa kembali lagi,” kata Lin Jarvis seperti diberitakan yamaha-racing.com.

“(Tahun) 2020 adalah musim ke-15 Valentino (Rossi) bersama Tim Yamaha Factory Racing MotoGP. Saya memiliki kenangan yang sangat jelas tentang tahun-tahun itu. Ada pasang surut – ini adalah perjalanan roller-coaster, tetapi daftarnya dengan hasil di Yamaha sangat mengesankan: 4 Gelar Kejuaraan Dunia MotoGP, 255 balapan Grand Prix, 56 kemenangan, 142 podium. Sungguh menakjubkan betapa banyak yang dia capai selama waktunya bersama kami,” kenang Jarvis.

baca – Daftar Pembalap MotoGP 2021

“Dalam kasus Valentino, kita sekarang menghadapi apa yang saya sebut ‘pergantian penjaga’. Meski meninggalkan tim pabrikan Yamaha MotoGP, ini bukanlah akhir dari karirnya. Ini bukan skenario perpisahan yang lengkap, ini adalah momen transisi. Itu penting, bagaimanapun juga, karena Valentino sudah menjadi bagian dari tim kita begitu lama. Tapi tahun depan dia akan menjadi tetangga, jadi dia akan tetap dekat,” tandasnya.

Sekalipun membela tim satelit, namun Rossi masih memiliki keistimewaan, dimana pembalap Italia itu akan didukung secara penuh oleh Yamaha Motor Co., Ltd, sekaligus kelapa dan kru timnya saat membalap bersama tim Monster Energy Yamaha MotoGP.

“Status pabrikannya terus berlanjut, dan dia akan terus mengendarai (motor) pabrikan YZR-M1 dengan dukungan penuh dari Yamaha Motor Co., Ltd. Dia juga akan membawa Kepala Kru – David, Data Engineer – Matteo, dan Analis Kinerja Pengendara – Idalio bersamanya. Jadi dia akan dikelilingi oleh beberapa wajah yang tidak asing lagi di garasi Petronas Yamaha SRT,” kata Jarvis.

Sementara Valentino Rossi menyampaikan bahwa sejarah perjalanan karirnya bersama Yamaha, bagaikan cerita dalam film, dimana ia merasakan karir terbaiknya di ajang balap MotoGP.

“Ini adalah momen penting, karena ini adalah akhir dari perjalanan panjang kami bersama. Sejarah kami, antara saya dan tim Yamaha Factory Racing MotoGP, menurut saya terbagi menjadi dua bagian – hampir seperti film yang bagus,” kenang Valentino Rossi.

baca – Joan Mir Juara, Ini Klasemen Lengkap MotoGP 2020

“Bagian pertama dari awal tahun 2004 hingga 2010. Menurut saya itu adalah bagian terbaik dari karir saya. Kami menulis sejarah untuk Yamaha. Kami mampu memenangkan kejuaraan untuk Yamaha setelah dua puluh tahun. Saya akan selalu mengingat pencapaian ini, karena itu adalah momen penting dalam karir saya juga,” tandasnya.

Namun demikian, The Doctor mengaku bangga dengan periode keduanya di Yamaha, karena Yamaha memberinya kesempatan kedua untuk bergabung, setelah dua musim yang buruk bersama Ducati dan juga beberapa alasan lain.

“Tapi saya juga sangat bangga dengan bagian kedua. Saya ingin mengucapkan ‘Terima kasih’ lagi untuk Lin dan seluruh Yamaha. Mereka memberi saya kesempatan untuk kembali ke tim pabrikan setelah dua tahun yang buruk dengan pabrikan lain, ketika saya sudah ‘semakin tua’ menurut standar MotoGP, jadi saya putus asa,” kata Rossi

“Saya tidak akan pernah melupakan momen ketika Lin memberi tahu saya bahwa saya akan memiliki kesempatan untuk kembali ke sini. Saya akan selalu bersyukur untuk momen itu, karena mungkin saya juga bisa berhenti bersepeda pada saat itu jika saya tidak bisa kembali ke sini. Kembalinya saya ke tim Factory Yamaha telah berlangsung selama 8 tahun, jadi satu tahun lebih lama dari bagian pertama,” tambah pembalap senior MotoGP itu.

baca – Dovizioso Umumkan akan Cuti Panjang di MotoGP 2021

Di periode kedua ini Rossi mengalami sedikit kesulitan dalam hal hasil, walau terkadang hampir memenangkan balap dalam sebuah seri. Selain itu banyak hal terjadi selama kebersamaannya dengan Yamaha krunya. Rossi pun mengucapkan terima kasih atas dukungan Yamaha dan para kru atas dukungan dan kebersamaan mereka selama ini.

“Tetapi banyak hal terjadi seperti yang terjadi, dan saya masih berterima kasih atas dukungan yang saya dapatkan dari Lin, Maio, dan semua teknisi Jepang. Tapi terutama saya ingin mengucapkan ‘Terima kasih’ kepada kru saya. Kami sudah bersama sejak lama. Bernie, Alex, Brent, Matteo, Mark, David, Idalio, dan banyak lagi. Dan tentu saja kepada rekan saya Maverick: kami juga memiliki atmosfer yang baik dengan sisi kotak itu, jadi saya ingin berterima kasih kepada mereka juga,” lanjut Rossi.

“Tahun depan saya masih akan mengendarai motor pabrikan dengan dukungan pabrikan penuh, hanya dengan warna berbeda. Memang benar, saya tidak akan duduk di garasi Yamaha Factory Racing, tapi saya akan berada di sebelah – bersama Matteo, Idalio, dan David – jadi pasti kita masih bisa menyapa,” pungkasnya.

Demikian, semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Momen Emosional Perpisahan Rossi dan Tim Pabrikan Yamaha

  1. Pingback: Resmi, Ini Rider MotoGP Tahun 2021 | SEKO71.COM

  2. Pingback: Quartararo Mengawali Aktivitasnya bersama Tim Pabrikan Yamaha | SEKO71.COM

  3. Pingback: Semoga Sukses Rossi! | SEKO71.COM

Comments are closed.