Ingat Masa Lalu, Motor 2 Tak ini Mejeng di Dealer Yamaha Bali

Di era tahun 90an Yamaha sangat dikenal dengan produk-produknya yang bermesin 2 tak, Selain RX-King yang masih digemari hingga saat ini, ada juga varian F1Z. Produk ini merupakan transisi model moped atau bebek dari Alfa menuju ke F1ZR.

Motor-motor 2 tak era 1990-2000an dipajang di DDS Yamaha Bali

Secara tampilan masih mirip dengan Force 1. Namun, sudah dilengkapi dengan disc brake di bagian depan dan knalpot racing seperti di varian F1ZR. Kapasitas mesin 110cc yang terpasang juga lebih besar dari generasi Alfa dan telah dilengkapi dengan kipas untuk mendinginkan bagian silindernya.

baca – Lampu Belakang Motor Warna Merah

Mengingatkan kita pada era 1990-2000an, bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75, ada beberapa motor 2 tak yang mejeng di Yamaha Flagship Shop Bali. 1 unit F1Z warna putih lansiran tahun 1996 terlihat di-display di ruang motor. F1Z varian warna putih ini pada masanya, tidak terlalu banyak peminatnya sehingga populasinya sedikit. Namun justru itu yang membuat F1Z warna putih ini menjadi motor yang sangat langka.

baca –Bagaimana Spion Motor Anda?

baca – Jamnas YRKI XIV Sumatera Diikuti 20 ribu Peserta

Yamaha F1Z tahun 1996 warna putih

Menurut Andri Fistulariyanto bagian promosi DDS Bali, motor-motor 4 tak tersebut merupakan koleksi dari Komunitas 2 Tak Menolak Punah Bali, yang dipajang untuk mengenang sejarah bertepatan dengan momentum peringatan HUT RI ke-75. 

“Unit yang dipajang itu merupakan koleksi dari komunitas 2 Tak Menolak Punah Bali. Kami display di bulan Agustus ini tepat pada saat kemerdekaan RI ke 75. Juga sebagai salah satu sarana untuk mengenang sejarah Yamaha di Indonesia,” ujar Andri Fistulariyanto.

baca – Pemotor, Jangan Gunakan Mika Putih pada Lampu Belakang Motor!

baca – Jas Hujan yang Tepat untuk Pengendara Motor

Setelah menjalani proses restorasi dengan mengganti beberapa komponen baru, tampilan motor legendaris tersebut berubah layaknya baru melenggang keluar dari dealer. Tak hanya varian F1Z saja, tetapi juga ada RX King dan Yamaha Champ.

“Seiring tuntutan emisi gas buang, produk 2 tak perlahan digantikan dengan motor 4 tak. Untuk segmen moped atau bebek pengganti F1Z, pada awalnya ada varian Crypton kemudian muncul Vega dan sampai sekarang makin eksis Jupiter Z. Varian terbarunya menggunakan teknologi injeksi dan forged piston yaitu Jupiter Z1,” tambah Andri.

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s