Wisata ke komplek Candi Penataran

Berkunjung ke Jawa Timur, tak lengkap bila tak mampir ke lokasi wisatanya. Di Jawa Timur tak hanya terkenal dengan Makam Bung Karno dan wisata Gunung Kelud, di salah satu kawasan di Blitar terdapat sebuah gugusan candi keagamaan Hindu Siwaistis yang bernama Candi Penataran.

Penataran 3 2019

Ilustrasi : Salah satu candi di gugusan Candi Penataran, foto-foto: seko71.com

Sesuai namanya, Candi Penataran yang bernama asli Candi Palah itu terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Candi Penataran termasuk gugusan candi termegah dan terluas di Jawa Timur. Berada di ketinggian 450 meter di aras permukaan laut, terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, di sebelah utara Blitar. Menurut berbagai informasi yang didapat dari prasasti yang tersimpan di bagian candi diperkirakan candi ini dibangun pada masa Raja Srengga dari Kerajaan Kadiri sekitar tahun 1200 Masehi dan berlanjut digunakan sampai masa pemerintahan Wikramawardhana, Raja Kerajaan Majapahit sekitar tahun 1415.

Penataran 1 2019

Ada pun struktur candi dan terasnya yang berundak terbuat dari susunan blok batu andesit yang saling mengunci. Dalam kitab Desawarnana atau Nagarakretagama yang ditulis pada tahun 1365, Candi Penataran disebut sebagai bangunan suci “Palah” yang dikunjungi Raja Hayam Wuruk dalam perjalanan kerajaan bertamasya keliling Jawa Timur.

Infografis Tarif Tol Mudik via Tol Trans Jawa 2019

Indahnya Pantai Ngliyep di Selatan Malang

Seiring perjalanan waktu, pada tahun 1995 Candi Penataran diajukan sebagai calon Situs Warisan Dunia UNESCO dalam daftar tentatifnya

Penataran 2 2019

Untuk menuju lokasi tersebut, dari Kota Blitar pengunjung bisa berjalan ke arah utara, kurang lebih sekitar 1 jam perjakanan menggunakan kendaraan motor atau mobil. Selanjutnya kendaraan di sekitar komplek candi dengan Tarif Rp. 5.000 untuk 1 mobil pengunjung.

Sementara untuk masuk ke komplek candi yang berjarak sekitar 50 meter, pengunjung biasanya diminta untuk mengisi buku daftar tamu. Di saat pengisian buku, pengunjung bisa memberikan uang sumbangan pemeliharaan candi seikhlasnya, namun tidak wajib.

Candi Penataran juga menarik dijadikan obyek foto, bisa juga dijadikan sebagai background foto sekaligus untuk mengabadikan kenangan kunjungan anda, yang telah mampir ke situs Candi Penataran.

Di sekitar situs candi, terdapat toko-toko yang menawarkan makanan dan suvenir khas Blitar, dengan harga yang sangat terjangkau.

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s