H-7 Lebaran Kendaraan yang Melintas di GT Cikampek Utama Meningkat 144%

H-7 Lebaran atau tanggal 29 Mei 3019 para pemudik yang meninggalkan Jakarta melalui gerbang tol Cikampek, tercatat berjumlah 57.405 kendaraan.

19-17-40-rilis 91.jpeg

Dikutip dari data PT Jasa Marga (Persero) Tbk Jumlah ini meningkat sebesar 144,44% dari jumlah kendaraan pada saat normal, yakni sebesar 23.484 kendaraan.

Masih menurut Jasa Marga, salah satu faktor kenaikan volume lalu lintas pada H-7 adalah hari terakhir kendaraan berat boleh melintas di jalan tol, sebelum dilakukan pembatasan kendaraan melintas di jalan tol sesuai dengan Permenhub No. 37 Tahun 2019.

Diskon 15% Seluruh Tarif Tol di Indonesia, baca Aturannya!

Sistem Satu Arah Tol Saat Mudik dan Arus Balik, ini Jadwalnya

Selain itu, pemberlakuan one way (satu arah) terencana ke arah timur yang berlaku mulai hari ini juga menjadi faktor meningkatnya jumlah kendaraan ke arah Jawa Barat dan Jawa Timur.

Sementara kombinasi dua rekayasa lalu lintas contraflow dan one way yang diberlakukan hari ini pada pukul 05.30 WIB untuk contraflow dan 08.00 WIB untuk one way, juga terbukti efektif mencairkan kepadatan. Dalam waktu kurang dari 2 jam sejak pemberlakuan one way, kepadatan selepas GT Cikampek Utama pun terurai.

Infografis Tarif Tol Mudik via Tol Trans Jawa 2019

Pihak Jasa Marga melalui akun medsos @official.jasamarga menghimbau para pengguna jalan tol yang menggunakan jalur one way agar terus memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.

Pastikan kondisi kendaraan dan pengendara dalam keadaan prima, menjaga jarak aman kendaraan, serta memastikan saldo uang elektroniknya cukup untuk bertransaksi di gerbang tol tujuan.

Demikian, semoga bermanfaat.