Sistem Satu Arah Tol Saat Mudik dan Arus Balik, ini Jadwalnya

Guna memberikan pelayanan terbaik di jalan tol kepada masyarakat dan dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik 2019, pemerintah menetapkan pemberlakuan sistem satu arah (one way) di jalan tol Trans Jawa, mulai dari km 29 Cikarang sampai dengan km 263 Brebes.

Ilustrasi Jalan TolSeperti diketahui, saat ini jalan tol Trans Jawa secara keseluruhan sudah beroperasi dari Merak hingga Probolinggo dengan panjang keseluruhan 965 km.

Demikian disampaikan Anggota BPJT Unsur Kementerian PUPR – Agita Widjajanto dalam acara Forum Merdeka Barat 9 “Mudik Aman dan Lancar”, pada Senin 20 Mei 2019 di Jakarta. Hadir pula sebagai narasumber dalam acara tersebut Menteri Perhubungan-Budi Karya Sumadi, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR-Sugiyartanto, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM-Rida Mulyana, dan Kabag Ops Korlantas Polri-Kombes Benyamin.

baca – Infografis Tarif Tol Mudik via Tol Trans Jawa 2019 

Agita menambahkan bahwa pemberlakuan sistem satu arah, pada sistem rekayasa lalu lintas di lapangan ini sepenuhnya merupakan kewenangan dari Korlantas Polri. Dari total volume lalu lintas kendaraan yang masuk, dapat diprediksi kendaraan dari arah Jakarta sebanyak 58,7 persen ke arah timur tujuan Bandung-Surabaya. Kemudian sebanyak 14,64 persen ke wilayah Bogor, dan 26,68 persen ke wilayah Sumatera.

Sementara untuk mempercepat sistem transaksi di gerbang tol pihaknya telah menyiapkan sarana mobile reader untuk mempercepat sistem transaksi, sehingga meminimalisir antrean.

baca – Tarif Tol Solo – Ngawi 2019

“Dalam mendukung pelayanan yang maksimal, kita juga telah menyiapkan sarana mobile reader pada masing-masing gerbang tol dalam mempercepat sistem transaksi pembayaran guna menghindari antrean di gerbang tol. Para pemudik juga dapat mengakses informasi untuk mengetahui update kondisi jalan tol melalui aplikasi mobile jalan tol serta Info Mudik di website resmi BPJT di http://www.bpjt.pu.go.id,” kata Agita.

Pemberlakuan sistem satu arah rencananya akan diterapkan pada masa arus mudik yakni tanggal 30 Mei – 2 Juni 2019, serta arus balik tanggal 8 – 10 Juni 2019 di sejumlah ruas tol. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan kendaraan di jalan tol selama masa mudik lebaran 2019.

Demikian, semoga bermanfaat.

 

 

3 thoughts on “Sistem Satu Arah Tol Saat Mudik dan Arus Balik, ini Jadwalnya

  1. Pingback: Diskon 15% Seluruh Tarif Tol di Indonesia, baca Aturannya | SEKO71.COM

  2. Pingback: Letak Rest Area Tol dan Perbedaan Fasilitasnya | SEKO71.COM

  3. Pingback: H-7 Lebaran Kendaraan yang Melintas di GT Cikampek Utama Meningkat 144% | SEKO71.COM

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s