Jalan Tol Diresmikan, Waktu Tempuh Surabaya-Malang 1 Jam

Diresmikannya jalan tol Pandaan-Malang seksi I-III oleh Presiden Joko Widodo pada Senin, 13 Mei 2019 semakin mempercepat perjalanan Surabaya – Malang. Dengan jalan tol sepanjang 30,6 km tersebut, waktu tempuh Surabaya – Malang menjadi lebih cepat.

Peresmian Tol Pandaan Malang 2019

Ilustrasi : Peresmian Tol Surabaya – Malang oleh Presiden Jokowi, 13 Mei 2019, foto: bpjt.pu.go.id.

Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) – Basuki Hadimuljono hadir di Malang, tepatnya di gerbang tol Singosari untuk meresmikan jalan tol Malang – Pandaan. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penekanan tombol sirine, sebagai tanda tanda dioperasikannya jalan tol bagian dari Jalan Tol Surabaya – Malang tersebut.

Dalam peresmian itu turut hadir Menteri BUMN – Rini Soemarno, Menteri Perhubungan – Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Timur – Khofifah Indar Parawansa, dan Direktur Utama Jasa Marga – Desi Arryani.

baca – Infografis Tarif Tol Trans Jawa saat Mudik 2019

Presiden Joko Widodo mengatakan jalan tol yang menghubungkan wilayah Surabaya – Malang ini merupakan bagian penting yang ditunggu oleh masyarakat. Karena dulunya ditempuh dalam waktu 3 sampai 3,5 jam, saat ini hanya 1 jam.

Menurut Presiden Jokowi jalan tol Surabaya – Malang selama masa percobaan tidak berbayar sampai mudik lebaran 2019.

“Semoga keberadaan tol ini dapat mempercepat arus mobilitas barang, jasa, dan seluruh masyarakat. Kita harapkan wilayah Malang benar-benar menjadi sebuah kawasan wisata yang terkoneksi, serta pertumbuhan ekonomi semakin baik dan meningkat,” tambah Presiden Jokowi seperti dikutip dari bpjt.pu.go.id.

baca – Tol Trans Sumatera Terbanggi Besar-Palembang Bisa Fungsional Mulai 29 Mei 2019

Jalan Tol Pandaan-Malang secara keseluruhan memiliki panjang 38,5 Km yang terdiri dari lima seksi. Seksi 1 adalah Pandaan – Purwodadi sepanjang 15,5 Km, Seksi 2 Purwodadi – Lawang sepanjang 8 Km. Kemudian, pada Seksi 3 Lawang – Singosari sepanjang 7,1 Km. Ketiga Seksi ini siap dioperasikan setelah diresmikan Presiden Jokowi dengan panjang 30,6 Km.

Kemudian untuk Seksi 4 Singosari – Pakis sepanjang 4,8 Km dapat difungsionalkan pada saat arus mudik Lebaran 2019 mendatang. Pada Seksi 5 Pakis – Malang sepanjang 3,1 Km saat ini masih dalam tahap penyelesaian konstruksi dan ditargetkan akan dapat mulai beroperasi pada bulan Desember 2019.

Jalan tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Surabaya – Malang ini juga menyuguhkan panorama pemandangan alam yang indah di sisi kanan dan kiri jalan, Rest Area yang berhadapan langsung dengan pemandangan Gunung Semeru di sisi timur, Gunung Arjuna sisi barat, Gunung Kawi pada sisi barat daya, dan juga pemandangan Gunung Penanggungan.

Selain itu jalan tol ini juga merupakan jalan akses pendukung pariwasata di Wilayah Malang dan sekitarnya, seperti: Kawasan KEK Singosari, Kawasan Wisata Candi Singosari, kawasan Wisata Kota Batu, kawasan wisata Kebun Teh Wonosari, Taman Safari Prigen, dan Kawasan Wisata Prigen.

Demikian, semoga bermanfaat.