Tol Paspro Dukung Kelancaran Logistik dan Akses Bromo – Tengger

Sebulan jelang bulan Ramadhan tahun 2019, Seksi I-III Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) dengan total panjang 31,3 km diresmikan Presiden Joko Widodo. Peresmian ditandai dengan penekanan tombol dan penandatanganan prasasti di gerbang tol Probolinggo Timur, pada Rabu 10 April 2019.

Peresmia Tol Japro 2019.jpg

Ilustrasi : Peresmian Tol Tol Pasuruan – Probolinggo (Paspro) oleh Presiden Joko Widodo, 10 April 2019, foto: bpjt.pu.go.id.

Ada pun Tol Paspro Seksi I Grati Pasuruan – Tongas memiliki panjang 13,5 km, Seksi II Tongas – Probolinggo Barat panjang 6,9 km dan Seksi III Probolinggo Barat – Probolinggo Timur panjang 10,9 km.

Dalam peresmian itu Presiden Jokowi mengatakan, bahwa diresmikannya Tol Paspro Seksi I-III, maka Tol Trans Jawa yang terhubung menjadi 962 km, menghubungkan Merak – Banyuwangi.

“Kalau nanti dari Merak sampai Banyuwangi itu sekitar 1.148 km, berarti masih kurang 186 km lagi yang insyaAllah tembusnya tahun 2021,” kata Presiden Jokowi, seperti diberitakan bpjt.pu.go.id.

baca – Ini Tarif Tol Ngawi – Kertosono

Presiden berharap diresmikannya Tol Paspro akan semakin mempercepat mobilitas barang, orang, dan logistik sehingga mendorong pengembangan industri-industri kecil yang ada di daerah. Dengan semakin mudahnya konektivitas diharapkan akan menghasilkan produk yang lebih efisien dan murah.

“Dan juga akses-akses ke tempat wisata juga akan lebih mudah. Namun proses tersebut tidak instan,  melainkan memerlukan waktu dan beberapa tahapan untuk menuju ke arah sana,” kata Jokowi.

Sementara Gubernur Jawa Timur – Khofifah Indar Parawansa dalam laporannya mengatakan, bahwa dengan diresmikannya ruas tol Japro akan mengurangi kepadatan di Jalan Nasional Pasuruan -Probolingga sekitar 50 hingga 60 persen.

baca – Tarif Tol Solo – Ngawi 2019

“Kita membutuhkan tambahan 13,7 km lagi untuk melanjutkan seksi IV dari Probolinggo Timur sampai Gending, ini akan sangat membantu akses ke kawasan wisata Bromo-Tengger-Semeru, yang merupakan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN),” kata Gubrnur Khofifah Indar Parawansa.

Selain mendukung akses wisata, menurut Gubernur Jatim Tol Paspro akan memperlancar akses untuk kegiatan bongkar muat logistik di Pelabuhan Tanjung Tembaga di Probolinggo. Probolinggo juga terkenal dengan produk pertanian unggulannya, yakni buah Mangga yang telah menjadi produk ekspor

“Jika tol Paspro beroperasi dan didukung juga Tol Pandaan-Pakis yang sudah siap beroperasi maka akan membuka peluang untuk bongkar muat dari Situbondo, Bondowoso, Lumajang, Probolinggo Pasuruan, dan Malang, sehingga pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur akan mengalami percepatan yang luar biasa,” katanya.

Demikian, semoga bermanfaat.

One thought on “Tol Paspro Dukung Kelancaran Logistik dan Akses Bromo – Tengger

  1. Pingback: Tarif Tol Kertosono – Mojokerto 2019 | SEKO71.COM

Comments are closed.