Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Terpanjang, Bakauheni-Terbanggi Besar

Presiden Republik Indonesia – Ir. Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera, yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, pada Jumat 8 Maret 2019. Seremonial peresmian bertempat di Gerbang Tol Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Tol Bakauheni 2019.jpg

Ilustrasi : Presiden Joko Widodo saat meresmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, pada Jumat 8 Maret 2019, foto: bpjt.pu.go.id

Dalam acara itu Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) – Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN – Rini Soemarno, Menteri Perhubungan – Budi Karya Sumadi, Menteri ATR – Sofyan Djalil, Sekab – Pramono Anung, Gubernur Lampung – Ridho Ficardo serta Direktur PT. Hutama Karya – Bintang Perbowo.

baca – Tarif Tol Solo – Ngawi 2019

“Ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah saya resmikan, sepanjang 140 jalan tol ini akan tersambung sampai ke Palembang.” Ujar Presiden Jokowi, seperti dikutip dari bpjt.pu.go.id

Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar yang memiliki panjang 140,9 Km terbagi menjadi 4 paket, yaitu Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 39,4 Km, pada segmen IC Pelabuhan Bakauheni-Bakauheni sepanjang 8,9 Km sudah diresmikan pada Januari 2018, Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru panjang 40,60 Km, pada Segmen Lematang-Kotabaru sepanjang 5 Km sudah diresmikan pada Januari 2018, Paket 3 Kota Baru-Metro dengan panjang 29 Km dan Paket 4 Metro-Terbanggi Besar sepanjang 31,94 Km.

baca – Tol Balikpapan-Samarinda Cikal bakal Tol Trans Kalimantan

baca – Tujuh Ruas Tol Trans Jawa Diresmikan, Pangkas Waktu Tempuh Jakarta – Jatim

“Banyak yang bertanya kepada saya, kapan Lampung ke Aceh kapan tersambung? 2024 Lampung sampai Aceh akan tersambung. Kenapa pembangunan ini sangat cepat? Lampung bisa sangat menjadi contoh karena pembebasan lahan yang sangat cepat,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan ruas prioritas Trans-Sumatera yang ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional. Ruas ini akan menjadi jalan utama dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni yang merupakan salah satu pelabuhan utama yang menghubungkan Jawa dengan Sumatera.

Jalan tol dengan nilai investasi sebesar 16,6 Triliun ini memiliki 9 Simpang Susun (SS), yaitu SS Bakauheni, SS Kalianda, SS Sidomulyo, SS Lematang, SS Kotabaru, SS Natar, SS Metro, SS Gunung Sugih 2 dan SS Terbanggi Besar.

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s