Hukuman Long Lap Penalty akan Diberlakukan di MotoGP 2019

Komisi Grand Prix telah mengumumkan pengenalan penalti baru yang segera diberlakukan di MotoGP 2019 yang akan dimulai pada 10 Maret 2019.

Sebelumnya Komisi Grand Prix, yang terdiri dari Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA) dan Takanao Tsubouchi (MSMA) telah melakukan pertemuan pada 1 Maret 2019. Hasil pertemuan tersebut menghasilkan keputusan berupa penerapan Long Lap Penalty (LLP) mulai MotoGP 2019.

Sirkuit Silverstone

Seperti dikutip dari motogp.com, Long Lap Penalty adalah hukuman bagi pembalap yang melanggar batas lintasan atau melanggar pelanggaran lain, yang dinilai layak untuk sanksi ini oleh steward. Dalam Pelaksanaannya di mana pembalap yang dikenai sanksi LLP harus melaju di jalur tersendiri, yang biasanya berada di bagian run-off (luar) tikungan yang beraspal.

baca – Kalender MotoGP 2019 Terkonfirmasi!

baca – Jadwal Lengkap MotoGP 2019

Dengan hukuman ini pembalap yang dikenai hukuman diperkirakan akan kehilangan waktu sekitar 3-4 detik. Hukuman ini juga dianggap lebih adil dari pada diberikan penalti berupa penurunan satu posisi di akhir balapan.

Penerapan hukuman LLP akan dimulai pada GP Losail – Qatar, setelah diuji coba di sirkuit yang sama beberapa waktu yang lalu. Sehubungan dengan hukuman baru tersebut, mulai musim ini seluruh sirkuit juga akan diberikan tanda dimana jalur LLP berada.

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s