Jokowi Berkunjung ke Pabrik Yamaha, Lepas Ekspor ke 1,5 Juta unit

PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) menggelar “Pelepasan ke 1,5 Juta Ekspor Motor Yamaha”. Acara ini diadakan untuk merayakan pencapaian ekspor sepeda motor Yamaha yang telah mencatatkan lebih dari 1,5 juta unit. Acara ini berlangsung pada Senin, 3 Desember 2018 di Pabrik Global PT YIMM, Jakarta.

IMG_20181203_133926

Ilustrasi : Presiden Jokowi di atas Yamaha XMAX, saat berkunjung ke Line B Body Assy PT YIMM-Jakarta bersama Gubernur DKI Jakarta dan sejumlah Menteri.

Seremonial pelepasan ekspor Yamaha ditandai dengan simbolis penekanan tombol, dimana sejumlah unit motor R3 dan NMAX dilepas, Presiden, sejumlah Menteri, dan BOD PT YIMM, dengan negara tujuan Italia dan Spanyol.

Hadir dalam acara tersebut Presiden Republik Indonesia –  JokoWidodo, Menteri Perindustrian – Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan – Enggartiasto Lukita, Menteri Perhubungan – Budi Karya Sumadi, Sekretaris Kabinet – Pramono Anung, Kepala BKPM – Thomas Trikasih Lembong, Gubernur DKI Jakarta – Anies Baswedan, Duta Besar Jepang untuk Indonesia – Ishii Masafumi, dan jajaran Yamaha Grup serta Stakeholders terkait lainnya.

Saat ini PT. YIMM secara khusus dipercaya oleh principal Yamaha Jepang  untuk memenuhi kebutuhan sepeda motor Yamaha di pasar global. Melalui kerja nyata anak bangsa, Yamaha Indonesia bertransformasi menjadi pabrik eksportir terbesar di dunia dalam jajaran Yamaha Grup dan juga terbesar di Industri Sepeda Motor Indonesia.

Yamaha FreeGo di IMOS Mencuri Perhatian Presiden Jokowi

Pada tahun 2018 perkiraan ekspor Yamaha Indonesia mencapai 338.000 unit dan 5.300.000 CKD set atau naik 14,7 kali lipat dibanding dengan tahun 2014, dengan kandungan Lokal pada proses produksi sebesar 94% serta komposisi produksi untuk ekspor sebesar 25% dari produksi . Kinerja ekspor tersebut secara signifikan memberikan dampak positif bagi Ekonomi Indonesia dengan mencatatkan surplus perdagangan sebesar USD 813,6 juta atau setara Rp 11,8 triliun.

Jokowi juga Kunjungi Line up R-Series di Booth Yamaha

Hal tersebut direalisasikan melalui ekspor sepeda motor jenis XMAX, NMAX, Lexi, Aerox, YZF-R3, YZF-R25, MT-03, MT-25, YZF-R15, MX-King dan beberapa model lain yang di ekspor ke 45 negara di 5 benua .
seperti Jepang, Amerika Serikat, Rusia, Jerman, Perancis, serta negara-negara di Asia, Afrika, dan Australia.

IMG_20181203_120738

 

Hal ini sekaligus menjadi bukti pengakuan dunia atas kualitas sepeda motor produksi Indonesia.

“Pencapaian ekspor Yamaha Indonesia ini sangat membanggakan. Kami selalu berupaya untuk terus menjaga standar kualitas produk serta meningkatkan kegiatan ekspor untuk masa yang akan datang,” kata Minoru Morimoto, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, di Jakarta.

“Kami yakin Indonesia akan menjadi bagian penting produksi sepeda motor Yamaha untuk kebutuhan global.  Produk-produk Yamaha saat ini telah menjadi kebanggaan Indonesia yang mendunia,” pungkas Morimoto.

Sebelum seremonial, Jokowi juga menyempatkan diri makan siang dan berdialog dengan pekerja, serta sholat di sekitar kantin pabrik Yamaha Indonesia Jakarta.

Demikian, semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Jokowi Berkunjung ke Pabrik Yamaha, Lepas Ekspor ke 1,5 Juta unit

  1. Pingback: Jokowi Naik XMAX Usai Pelepasan Ekspor Yamaha ke-1.5 juta | SEKO71.COM

  2. Pingback: Ini Motor yang Dinaiki Jokowi saat Berkunjung ke Pabrik Yamaha | SEKO71.COM

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s