Presiden Jokowi Resmikan Tol Brebes Timur Pemalang Sepanjang 42.7 km

Pemerintah secara bertahap menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Trans Jawa sepanjang 1.150 Km dari Merak hingga Banyuwangi yang diharapkan bisa tersambung secara keseluruhan pada akhir tahun 2019. Salah satu jalan tol yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo adalah Jalan Tol Pejagan-Pemalang seksi 3 dan 4 dari Brebes Timur hingga Sewaka sepanjang 37,3 Km dan Jalan Tol Pemalang-Batang segmen Sewaka-Simpang Susun (SS) Pemalang sepanjang 5,4 Km, Jumat 9 Novemver 2018.

Peresmian Tol Pemalang 2018.jpg

Ilustrasi : Presmian Tol Pejagan – Pemalang oleh Presiden Joko Widodo, foto: bpjt.pu.go.id.

Peresmian diselenggarakan di Gerbang Tol Tegal, ditandai dengan penekanan tombol oleh Presiden Jokowi, didampingi Menteri PUPR – Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN – Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet – Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Presiden – Teten Masduki, dan Direktur Utama PT Waskita Karya – I Gusti Ngurah Putra.

Dalam kesempatan itu Jokowi menyatakan bahwa dalam empat tahun terakhir, satu demi satu peningkatan jaringan konektivitas di negara Indonesia ini semakin terwujud, salah satunya dengan akan selesainya Tol Trans Jawa.

baca – 13 Ruas Tol Baru Siap Beroperasi pada Oktober – Desember 2018

baca – Asyik, Jalan Tol Trans Jawa Bisa Digunakan saat Natal & Tahun Baru

“Konektivitas antar pulau, antar provinsi, antar kabupaten kota, baik berupa pelabuhan, jalan, dan bandara sudah semakin terintegrasi. Daerah demi daerah, wilayah demi wilayah, pulau demi pulau mulai terhubung,” kata Presiden Joko Widodo seperti diberitakan bpjt.pu.go.id.

Dengan demikian akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di seluruh tanah air, diikuti dengan distribusi barang dan jasa yang akan semakin lancar. Sehingga kita harapkan keadilan sosial, pemerataan, akan semakin nyata di seluruh pulau di Indonesia yang kita miliki.

Menteri PUPR – Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa target awal sampai dengan akhir tahun 2018 seluruh ruas jalan tol Trans Jawa sepanjang 870 km akan beroperasi, menghubungkan Merak hingga Surabaya. Hingga saat ini tol sepanjang 640 Km telah beroperasi, termasuk Jalan Tol Pejagan – Pemalang dan Jalan Tol Pemalang – Batang.

baca – Ini Daftar Tol yang Diskon saat Musim Mudik 2018

“Selanjutnya sepanjang 230 Km akan beroperasi hingga akhir tahun 2018, yaitu Jalan Tol Sragen – Ngawi sepanjang 51 Km pada minggu ke-2 November, Jalan Tol Pemalang – Batang sepanjang 33 km, Jalan Tol Batang – Semarang sepanjang 75 km, Jalan Tol Salatiga – Solo sepanjang 32 km, Jalan Tol Wilangan – Kertosono sepanjang 39 Km yang semuanya paling lambat beroperasi pada minggu ke 2 Desember 2018,” kata Basuki Hadimuljono.

Ia menegaskan bahwa Pemerintah akan mengoperasikan semua jalan tol Trans Jawa sebelum akhir Desember 2018, untuk mendukung arus mudik Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Semua jalan tol yang baru diresmikan dan operasional belum akan dikenakan tarif hingga ditetapkan tarif definitifnya pada Januari 2019.

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s