Ini Penyebab MotoGP Silverstone 2018 Dibatalkan

Setelah mengalami penundaan yang panjang, akhirnya Race Director MotoGP – Mike Webb, membuat keputusan yakni membatalkan Grand Prix Inggris GoPro di Silverstone, yang sedianya akan dilakukan pada Minggu, 26 Agustus 2018.

Mike Webb Race Director MotoGP

Ilustrasi : Race Director MotoGP – Mike Webb dan tim Safety Officer Grand Prix saat jumpa pers tentang pembatalan GP Silverstone 2018, foto: motogp.com

Hujan lebat yang menggenangi permukaan lintasan, menjadi penyebab pembatalan race karena dinilai tidak aman untuk para pembalap, bila memacu kendaraan di lintasan tersebut.

“Sudah jelas kondisi lintasan tidak aman. Setelah berkonsultasi dengan pengendara, kami menunda awal untuk melihat apakah kondisi akan membaik,” kata Mike Webb sebagaimana diberitakan motogp.com.

“Kami telah mencapai titik di mana meskipun hujan semakin berkurang, sirkuit masih belum dalam kondisi di mana kami dapat menjalankan perlombaan dengan aman. Jadi, kami telah mengambil keputusan yang sangat sulit dan disesalkan untuk membatalkan,” tegasnya.

baca – MotoGP Silverstone Dibatalkan

baca – MotoGP Silverstone ditunda karena hujan

Webb menambahkan bahwa keputusan tersebut diambil setelah melihat kondisi permukaan lintasan, dan kondisinya berbeda dengan kondisi Silverstone beberapa tahun sebelumnya.

“Kami telah mengalami beberapa tahun di sini dalam kondisi yang sangat basah baru-baru ini dengan permukaan lama dan mampu menjalankan balapan. Tahun ini dengan permukaan (lintasan) baru, ini adalah pertama kalinya kami menemukan begitu banyak air di tempat-tempat penting di trek,” jelasnya.

“Ya, ini adalah hasil langsung dari permukaan lintasan, saya harus mengatakan dari titik pandang sirkuit, staf telah melakukan upaya yang luar biasa selama akhir pekan, bukan hanya hari ini tetapi upaya luar biasa untuk membuat lintasan aman. Hingga menit terakhir yang masih berfungsi, tapi sayangnya kami tidak bisa melawan (kehendak) alam,” tambah Webb.

Menjawab pertanyaan apakah Silverstone dapat menjadi tuan rumah balap MotoGP jika kondisi seperti ini terjadi di masa depan, Webb mengisyaratkan untuk tetap mengagendakan agar MotoGP tetap bisa digelar di Inggris.

“Kami jelas menginginkan GP Inggris, iklim di sini berarti kita harus mengharapkan hujan dan permukaan (lintasan) harus mampu mengatasinya. Mereka telah melakukan pekerjaan luar biasa selama akhir pekan ini untuk mencoba dan memperbaiki berbagai hal, yang mereka miliki, tetapi sifat permukaannya berarti kami telah mencapai titik ini,” kata Webb.

Sementara Safety Officer Grand Prix – Franco Uncini menjelaskan, bahwa tim sedang menyelidiki tentang masalah yang dihadapi di Silverstone yakni menggenangnya air di permukaan lintasan. Penyelidikan tersebut diperkirakan membutuhkan waktu 6 pekan, untuk mengetahui hasilnya.

Demikian, semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Ini Penyebab MotoGP Silverstone 2018 Dibatalkan

  1. Pingback: Jadwal Lengkap MotoGP Misano 2018 | SEKO71.COM

  2. Pingback: Siapa ‘Penguasa’ MotoGP Aragon tahun ini? | SEKO71.COM

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s