Ini Puncak Arus Mudik dan Arus Balik menurut Menhub – Budi Karya

Sebelum melakukan perjalanan mudik, maka penting bagi pemudik untuk mengetahui informasi seputar proram dan arus mudik dari pemerintah, agar perjalanan pemudik lancar dan tidak terjebak pada kemacetan di jalan.

Ilustrasi Jalan Tol

Ilustrasi: Macetnya arus kendaraan di jalan tol

Tahun ini, menurut Menteri Perhubungan – Budi Karya Sumadi, diperkirakan ada beberapa titik utama di jalur darat yang rawan kemacetan. Hal tersebut disampaikan Menhub usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018 di Lapangan Silang Monas Jakarta, Rabu 6 Juni 2018.

“Perkiraannya ada beberapa titik utama yang menjadi rawan kemacetan di jalur darat. Kita perkirakan daerah yang paling rawan macet adalah Tol Cikampek, Cipali, dan Merak,” kata Menhub – Budi Karya.

Untuk hal itu terkait kepadatan arus mudik Menhub dan jajarannya telah mengantisipasi dengan melakukan persiapan dan pengecekan lebih detail pada beberapa ruas tol fungsional.

baca – Mudik Lewat Ruas Tol Fungsional Kecepatan Tak Melebihi 40 Km/Jam

baca – Ini Daftar Tol yang Diskon saat Musim Mudik 2018

“Kemarin, saya meninjau tol fungsional dan melengkapi berbagai persiapan. Hasilnya peninjauan menunjukkan bahwa sudah jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu,” jelas Menhub.

“Jadi jalannya bagus dan persiapan yang juga dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara sangat bagus. Kita pun sudah menyatakan akan berfungsi pada hari Jumat (8 Juni) pukul 06.00,” tambahnya.

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan juga telah melakukan riset yang telah dijalankan sebelum ditetapkannya libur panjang cuti bersama. Namun, terdapat evaluasi yaitu adanya penambahan puncak arus mudik dan balik.

“Jadi kita bukan memperkirakan saja, tapi kita juga membuat riset sebelum pengumuman libur panjang. Semula puncak arus mudik adalah tanggal 12-13 Juni 2018 namun kita evaluasi lagi dan hasilnya terdapat 2 puncak mudik yaitu 8-9 Juni 2018 dan 12-13 Juni 2018,” kata Budi Karya.

“Begitu pula dengan arus balik yang semula tanggal 24-25 Juni 2018 namun setelah dievaluasi menunjukkan pada tanggal 19-20 Juni 2018 lebih banyak,” pungkasnya.

Yang tak kalah penting, selain informasi tentang program arus mudik lebaran juga persiapan kendaraan yang prima, sehingga tidak bermasalah di jalan. Pastikan pula saldo uang elektronik anda cukup untuk bertransaksi di jalan tol.

Demikian, semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Ini Puncak Arus Mudik dan Arus Balik menurut Menhub – Budi Karya

  1. Pingback: Okupansi arus balik capai 75%, Pelayanan Mudik Gratis pelayanan akan lebih ditingkatkan | SEKO71.COM

  2. Pingback: Lebaran Tahun ini Pemudik Sepeda Motor Turun 18,2% | SEKO71.COM

Comments are closed.