Ini Kesiapan Jalan Tol Untuk Mudik Lebaran 2018

Memasuki musim mudik di lebaran 2018 ini, pemerintah terus berupaya untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan prasarana, demi mendukung kelancaran masyarakat dalam melakukan perjalanan mudik, sehingga perjalanan menjadi aman dan nyaman.

Peresmian TOL Warugulung bpjtdotcodotid.jpeg

Ilustrasi : Presiden Jokowi saat meresmikan sebuh jalur tol, foto : bpjt.co.id

Hal tersebut didampaikan Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR – Arie Setiadi Moerwanto, saat jumpa pers di Kementerian PUPR di Jakarta.

“Kementerian PUPR berusaha keras untuk memberikan pelayanan yang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya, kami memberikan layanan rute-rute pilihan yang akan dilalui para pemudik seperti lintas utara, tengah dan jalan tol. Pada tahun 2018 ini kondisi jalan lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata Arie Setiadi Moerwanto.

Sementara Kepala BPJT – Herry Trisaputra Zuna juda menyatakan bahwa untuk di Pulau Jawa terdapat 524 Km jalan tol beroperasi dari Jakarta sampai dengan Surabaya, dengan jalur fungsional sepanjang 237 Km.

Khusus untuk jalur fungsional, selama mudik lebaran tahun ini akan dibuka yaitu pada jalur: Pemalang – Batang sepanjang (39,20 km), Batang – Semarang (75 km), Semarang – Solo Ruas Salatiga – Kertasura  (32,45 km), Solo – Ngawi Ruas Sragen – Ngawi (50,8 km), Ngawi – Kertosono Ruas Wilangan – Kertosono (39,05 km), Kertosono – Mojokerto Ruas Bandar – Batas Barat (0,9 km), Pandaan – Malang (15,47 km) dan Ciawi – Sukabumi 15,35 (km).

baca – Mudik 2018, Ini Tarif Tol Jakarta – Surabaya – Malang

baca – Persiapan Mudik, ini tarif beberapa ruas Tol per 15 Mei 2018

Di jalur fungsional tersebut juga terdapat: 14 Tempat Istirahat (TI), 31 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP), 14 Parking Bay dan 27 Tempat Istirahat Sementara (TIS). Fasilitas TI dan TIS terdapat 540 toilet pria, 710 toilet wanita, 26 toilet mobile, 24 portable toilet dilengkapi dengan fasilitas lainnya seperti tempat makan, mushola/masjid, SPBU dan bengkel.

Untuk fasilitas Tempat Istirahat Sementara, telah dibekali toilet pria dan wanita serta fasilitas lainnya seperti musholla/masjid, SPBU serta tempat makan.

Sementara itu untuk Pulau Sumatera tersedia 125 km jalur fungsional dan 119 km jalur operasi. Jalur fungsional terdapat di beberapa jalan tol seperti: Bakauheni – Terbanggi Besar (SS Bakauheni – SS Lematang dan Branti – Terbanggi Besar) (88,44 km), Palembang – Indralaya Ruas Pamulutan – Indralaya (14,18 km) dan Terbanggi Besar – Kayu Agung Ruas Terbanggi Besar – Terusan Nyunyai (22 km). Untuk lokasi TIP terletak di Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi besar.

Upaya lain yang juga dilakukan pemerintah dalam rangka mengantisipasi kemacetan yang akan terjadi aat mudik adalah: dengan menghentikan sementara kegiatan konstruksi jalan tol pada H-10 dan H+10 lebaran, mengkoordinasi lalu lintas dengan Korlantas, penerapan contra flow, pengalihan lalu-lintas jika terjadi antrian di jalan tol, dan pembatasan operasional kendaraan angkutan barang.

Sehubugan dengan ketentuan traksaksi di dalam tol harus menggunakan uang elektronik, maka pastikan saldo anda cukup untuk bertransaksi.

Demikian, semoga bermanfaat.

 

4 thoughts on “Ini Kesiapan Jalan Tol Untuk Mudik Lebaran 2018

  1. Pingback: Ini Daftar Tol yang Diskon saat Musim Mudik 2018 | SEKO71.COM

  2. Pingback: Mudik Lewat Ruas Tol Fungsional Kecepatan Tak Melebihi 40 Km/Jam | SEKO71.COM

  3. Pingback: Okupansi arus balik capai 75%, Pelayanan Mudik Gratis pelayanan akan lebih ditingkatkan | SEKO71.COM

  4. Pingback: Lebaran Tahun ini Pemudik Sepeda Motor Turun 18,2% | SEKO71.COM

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s