Yamaha Meraih hasil Positif di Free Practice GP Le Mans

Setelah mengalami masa sulit di beberapa seri MotoGP 2018, para rider Yamaha mulai menggeliat dengan meraih hasil positif di sesi Free Practice Grand Prix de France pada Jumat, 18 Mei 2018. Pasangan Valentino Rossi dan Maverick Viñales (Monster Yamaha MotoGP) latihan bebas di posisi ke-3 dan ke-4, sementara pembalap tuan rumah Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3) barada di posisi ke-5.

Rossi Dovi GP Le Mans 2018.jpg

Ilustrasi : Rossi dan Dovizioso, foto: motogp.com

Musim lalu duo Yamaha itu tampil baik di Le Mans, namun saya Rossi yang tengah berebut podium pertama dengan Viñales, terjatuh di lap terkahir. Podium tertinggi GP Perancis pun akhirnya menjadi milik Viñales.

Musim ini, Rossi mengaku motor bisa bekerja dengan baik dan memiliki kecepatan yang bagus. Selain itu keseimbangan motor juga terjaga dengan baik.

“Di jalur ini, sepeda bekerja sangat baik sehingga Anda bisa mendorong. Sepertinya, dengan ban bekas, kecepatan kami tidak terlalu buruk. Bagaimanapun, ini awal karena kita harus memutuskan hal yang berbeda, terutama ban, tetapi juga keseimbangan sepeda. Itu awal yang bagus,” kata Rossi di motogp.com (17/5 2018)

Demikian juga dengan Viñales. Pembalap Spanyol itu merasa optimis dengan M1 tunggangannya.

“Saya pikir saya bisa menyelesaikan dengan baik di kualifikasi karena di FP2 motornya bekerja cukup baik. Namun, saya tidak berpikir kami memiliki opsi ban terbaik di sore hari. Pada akhirnya, saya bahagia. Ketika saya mendorong, saya bisa mendapatkan waktu lap tetapi mari kita lihat,” kata Viñales.

baca – Dovizioso tetap di Ducati hingga 2020

baca – Ini Jadwal MotoGP Le Mans, Perancis 2018

Tak hanya pembalap pabrikan Yamaha, Johann Zarco pun mengaku motornya cukup kompetitif. Bahkan masih bisa ditingkatkan bila ditemukan setting-an yang terbaik.

“Saya merasa bahagia dan cukup kompetitif. Saya merasa, masih, bahwa kami kehilangan sesuatu di sepeda yang kami butuhkan untuk menemukan pengaturan yang baik untuk menggunakan genggaman belakang dengan baik tetapi ketika kami akan menemukan solusi itu saya akan dapat berpikir tentang kemenangan,” ungkap Zarco.

Seperti diketahui pembalap Perancis itu musim lalu meraih pole position di balapan kandang, akankah  Zarco mengulang pole itu pada balapan nanti? Atau Mavercik Viñales akan membuat genrakan sehingga kembali memenangi GP Le Mans? Kita saksikan aksi-aksi mereka di balapan Minggu malam mulai pukul 19.00 waktu Indonesia Barat.

baca – Jadwal MotoGP 2018

Sebelumnya, pada Free Practice 2 GP Perancis Andrea Dovizioso menjadi yang tercepat disusul  Marc Marquez di posisi kedua. Sedangkan Valentino Rossi dan Maverick Viñales di posisi ketiga dan keempat, disusul Johann Zarco di posisi kelima.

Demikian, semoga bermanfaat.