Pembalap Indonesia diantara Top Rider dunia

Jelang tes resmi ketiga MotoGP 2018, Yamaha Motor Co., Ltd. menggelar konferensi pers dalam rangka memperkenalkan squad yang akan bertarung di musim balap 2018. Perkenalan tersebut dengan judul “Yamaha Motorsport Media Conference 2018” tersebut berlangsung di Sirkuit Internasional Chang –  Buriram, Thailand, Kamis 15 Februari 2018.

Selain para pembalap top Yamaha seperti Valentino Rossi dan Maverick Viñales, dalam jumpa pers tersebut terdapat beberapa nama rider dari Indonesia, seperti: Galang Hendra Pratama, Richard Taroreh, M. Faerozi dan Wahyu Aji Trilaksana.

Galang diantara Top Rider Dunia 2018

Galang diantara Top Rider Dunia Keitaro Horikoshi 2018

Ilustrasi: Launching Line Up Tim Yamaha 2018 di Buriram – Thailand, tampak Keitaro Horikoshi – General Manager Yamaha Motor Company sedang menyampaikan presentasi.

Dalam kesempatan itu Yamaha mempresentasikan line up 2018 yang akan berkompetisi di beberapa ajang, yakni: MotoGP, Superbike World Championship, All Japan Road Race Championship dan Asia Road Racing Championship.

Para pembalap itu diantaranya adalah: Galang Hendra Pratama membalap bersama Tim PATA Yamaha untuk kelas WSSP300, Richard Taroreh dan M. Faerozi (15 Tahun-Jawa Timur) untuk kelas Asia Production 250cc (AP250) ARRC, dan Wahyu Aji Trilaksana di kelas Underbone 150cc (UB150) ARRC. Mereka bersanding dengan pembalap top dunia seperti Valentino Rossi dan Maverick Viñales (Movistar Yamaha MotoGP), Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3), serta Michael van der Mark (WSBK).

baca – Resmi, Galang Hendra membalap di Kelas WorldSSP300 2018

baca – Jadwal Balap ARRC 2018

Berawal di Asia sejak 2015, Yamaha terus berupaya melanjutkan pengembangan para pembalap muda, dengan menciptakan struktur step-up yang berjenjang untuk memberi kesempatan para calon pembalap dari manapun mereka berasal, sekaligus membuka jalan para pembalap muda itu menuju puncak karir balapnya.

null

Seperti yang disampaikan Keitaro Horikoshi – General Manager Yamaha Motor Company, bahwa para pembalap muda Asia telah menunjukkan kemajuan dengan tampil mengesankan di ajang All Japan Road Race Championship dan Asia Road Racing Championship (ARRC). Dan mereka telah memasuki kategori balap road racing di Eropa dengan prestasi yang mengesankan.

“Bisa dilihat hasilnya, para pembalap muda tampil menjanjikan di All Japan Road Race Championship dan Asia Road Racing Championship. Musim 2017 lalu mereka telah mulai memasuki kategori balap road racing Eropa, dengan menunjukkan kemajuan yang sangat mengesankan,” kata Keitaro Horikoshi dalam presentasinya.

Selain itu, aktivitas motorsport lainnya juga digelar seperti: Yamaha VR46 Master Camp yang terselenggara atas kerjasama Yamaha dengan VR46 Riders Academy milik Valentino Rossi di Italia. Hal tersebut akan kembali dilaksanakan di tahun 2018 ini.

”Kami sudah bekerjasama, antara Yamaha dengan Master Camp, di situ kami sudah bekerja dengan beberapa pembalap Asia. Saya menilai mereka mmiliki skill dan potensi yang bagus. Saya yakin di masa yang akan datang, bisa kita lihat pembalap Asia di pentas balap dunia,” kata Valentino Rossi.

Sejak tahun 2016, sudah empat kali digelar The Master Camp dengan melibatkan 23 pembalap dari 12 negara yang berbeda di seluruh dunia, khususnya dari Asia. Dalam program tersebut rider asal Indonesia – Galang Hendra Pratama ikut dididik secara langsung oleh Valentino Rossi. Galang yang dibesarkan Tim Yamaha Racing Indonesia, telah menunjukkan hasil yang snagat baik, dimana ia menorehkan sejarah sebagai pembalap Indonesia pertama, yang berhasil memenangi Kejuaraan Dunia World Supersport 300 di Jerez Spanyol, dengan status sebagai pembalap wildcard. Tahun ini Galang akan menjalani balapan full series di kelas World Supersport 300 (WSSP300) menggunakan YZF-R3.

baca – Galang Hendra Juara WSSP300 Jerez, Merah-Putih Berkibar

Selain itu, Tim Yamaha Racing Indonesia juga melakukan step-up karir untuk pembalap. Richard Taroreh yang merupakan Juara Nasional IRS Kelas Sports 150cc akan mengikuti kejuaraan ARRC di kelas Asia Production 250cc (AP250). Sementara M. Faerozi yang merupakan pembalap muda (15 Tahun) asal Jawa Timur, akan bertarung di kelas yang sama. Untuk kelas Underbone 150cc (UB150), tetap diperkuat oleh Wahyu Aji Trilaksana.

Tema yang diusung oleh Tim Yamaha Racing Indonesia 2018 adalah “Untuk Merah Putih Semakin Di Depan”. Para pembalap muda tersebut memiliki misi khusus untuk mengharumkan nama bangsa dan negara Republik Indonesia di kancah balap dunia.

“Di tahun ini kami akan berjuang dengan baik untuk dapat meraih kemenangan dan ingin membanggakan nama Indonesia,” komitmen empat pembalap kebanggan tim Yamaha Racing Indonesia.

Demikian, semoga bermanfaat.

 

Advertisements

One thought on “Pembalap Indonesia diantara Top Rider dunia

  1. Pingback: Rider YRI Siap Tunjukkan Prestasi di ARRC 2018 | SEKO71.COM

Comments are closed.