Tips Memilih dan Merawat Helm

Helm merupakan alat kelengkapan utama saat kita hendak mengendarai sepeda motor. Tak hanya memenuhi aturan yang ada, helm memberikan perlindungan vital bagi kepada pengendara dari bahaya jika terjadi benturan. Selain itu, dengan menggunakan helm kepala akan terlindung dari panas, hujan, serta polutan-polutan lain yang berterbangan di jalan raya.

Aneka Helm

Ilustrasi: Aneka model dan warna helm untuk berkendara motor,  foto: berbagai sumber

Namun untuk memperoleh manfaat maksimal dari helm yang kita pakai, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam memilih dan memperlakukan alat pelindung kepala tersebut.

baca – Berkendara jadi lebih Aman dengan Helm dan Jacket berwarna Terang

baca – 10 Tips Berkendara yang Aman di Jalan Raya

Berikut adalah beberapa tips dalam merawat dan memperlakukan helm :

  1. Sebelum menggunakannya, pilihlah helm yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan gunakan helm proyek untuk helm berkendara motor, demikian sebaliknya. Selain model dan tipe, pilihlah ukuran helm yang sesuai dengan ukuran kepala, sehingga lebih safety saat digunakan.
  2. Memilih warna helm cerah adalah lebih baik saat berkendara, dengan demikian keberadaan kita mudah dilihat oleh pera pengguna jalan lainnya. Hal ini juga berpengaruh terhadap keselamatan di jalan raya.
  3. Jangan menaruh helm secara sembarangan di motor, misalnya: di atas tanki bahan bakar, di atas jok, atau bahkan dicantolkan di tiang spion. Selain tidak aman, hal ini akan mempengaruhi fungsi helm itu sendiri. Sebaiknya helm ditaruh pada posisi sebagaimana desain motor itu sendiri, seperti: dikaitkan pada bracket di bawah jok, di samping jok, atau disimpan di bawah jok bila memungkinkan.
  4. Usahakanlah agar busa di dalam helm tetap dalam kondisi kering. Busa di dalam helm tidak boleh kena air atau minyak rambut kepala, karena hal tersebut akan berpengaruh terjadap fungsi busa helm. Sebaiknya, anda menggunakan kain penutup kepala (head cover) sebelum menggunakan helm, agar busa helm tidak bau apek dan bebas jamur.
  5. Jaga kebersihan kaca helm. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap pandangan mata pengguna, yang selanjutnya mempengaruhi keselamatan saat berkendara. Dengan kaca yang bersih, bening, dan berwarna terang, memudahkan mata pegendara untuk melihat kondisi jalan yang dilaluinya. Lap kaca helm dengan kain lembut, bila menggunakan cairan pembersih pilihlah cairan yang terbaik sehingga tidak merusak lapisan kaca helm.
  6. Selain kebersihan kaca, kebersihan helm secara keseluruhan juga perlu dijaga. Oleh sebab itu bersihkan helm secara berkala, atau mengeringkan helm menggunakan lap lembut usai digunakan. Bila tidak mau repot bisa juga dibersihkan melalui jasa cuci helm.
  7. Gunakan sarung helm saat tidak digunakan, untuk menjaga kebersihannya.

Itulah beberapa tips dalam merawat dan memperlakukan helm. Dengan demikian perjalanan akan lebih aman dan nyaman.

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s