Mengenal Sirkuit Internasional Chang – Thailand

Sirkuit Internasional Buriram atau yang juga dikenal dengan nama Sirkuit Internasional Chang – Thailand, dirancang oleh arsitek kenamaan asal Jerman – Hermann Tilke. Sirkuit yang memiliki panjang total 4,6 km ini resmi dibuka pada tahun 2014 dan telah digunakan untuk berbagai ajang olah raga balap motor.

Sirkuit Chang Buriram Thailand 1

Ilustrasi: pemandangan dari udara Sirkuit Internasional Chang – Buriram Thailand,  foto: motogp.com

Tepat pada 5-7 Oktober 2018 nanti di sirkuit kebanggaan masyarakat Thailand ini akan digelar ajang balap bergensi, yakni balap MotoGP seri kelima belas. Namun sebelum itu, para rider kelas utama MotoGP akan menjajal sirkuit tersebut pada sesi tes resmi pra-musim ketiga MotoGP 2018, yang akan berlangsung mulai 16-18 Februari 2018.

baca – Jadwal ARRC Seri ke-6 2017 Sirkuit Buriram – Thailand

Sirkuit Chang Buriram terletak sekitar 410 km di sebelah timur laut dari Kota Bangkok, Ibu kota Thailand. Kata Buriram menurut Bahasa Thailand memiliki arti “kebahagiaan.” Cuaca yang panas namun lembab mewarnai lokasi ini, termasuk beberapa sirkuit di Asia Tenggara lainnya.

baca – Tes resmi MotoGP ketiga akan berlangsung di Thailand

baca – Monster Yamaha Tech 3 akan menguji rider Malaysia di Buriram

baca – Jadwal MotoGP 2018

Ada pun profil Sirkuit Chang adalah: panjang total 4.6 km atau 2.83 mil, terdapat 12 tikungan (7 ke kiri dan 5 ke kanan), lebar lintasan 12 meter, dan trek lurus terpanjang sejauh 1 km. Kapasitas penonton di sirkuit ini mencapai 100.000 orang.

Untuk lomba kategori MotoGP, dalam kondisi normal dilangsungkan dalam 26 putaran atau jarak total 118.4 km, kategori Moto2 sebanyak 24 putaran atau 109.3 km, dan kategori Moto2 dilangsungkan dalam 22 putaran atau jarak total 100.2 km.

Siapakah rider yang akan menjadi pemenang pertama di Sirkuit Chang? Mari kita nantikan bersama.

Demikian, semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Mengenal Sirkuit Internasional Chang – Thailand

  1. Pingback: Pedrosa Pimpin Tes Buriram Hari Kedua | SEKO71.COM

  2. Pingback: Pedrosa Tercepat di Tes MotoGP Buriram hari ketiga | SEKO71.COM

Comments are closed.