FIM Luncurkan balapan kelas baru Enel MotoE Musim 2019

Dorna Sports selaku promotor MotoGP secara resmi meluncurkan balapan kelas baru, yaitu Enel MotoE untuk musim balap 2019. Peluncuran berlangsung di Roma Italia, pada Selasa, 6 Februari 2018.

Bila kelas-kelas lainnya balapan motor berbahan bakar menggunakan minyak beroktan 95-102, sementara kelas MotoE adalah balapan motor dengan sumber tenaga dari listrik.

MotoE mulai dipromosikan dengan latar belakang bahwa saat ini sudah ada satu miliar lebih kendaraan di bumi. Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat bahkan sampai tiga miliar kendaraan dalam tiga puluh tahun ke depan.

MotoE 2019MotoE 1 2019

Ilustrasi: peluncuran FIM Enel MotoE ™ World Cup untuk musim 2019 di Roma – Italia, 6 Februari 2018.                          foto: motogp.com

Hal tersebut tentu meningkatkan mobilitas yang berkelanjutan dan mendorong setiap produsen untuk mencipkatan solusi yang lebih ekonomis. Diantara solusi tersebut adalah penggunaan sumber tenaga listrik. Itulah mengapa Dorna Sports meluncurkan FIM Enel MotoE ™ World Cup untuk musim 2019 nanti.

baca – Kunjungan para Top Rider MotoGP ke Indonesia

Selain itu MotoGP juga mengambil visi alternatif masa depan dengan penerapan teknologi untuk zero-emissions. Dorna menganalisa bagaimana mengurangi emisi karbon yang dihasilkan oleh infrastruktur dan kebutuhan logistik MotoGP.

Sementara mengenai regulasi balapan, di kelas MotoE diusulkan hanya berdurasi 10 lap setiap seri, sambil meningkatkan performa saat balapan untuk meningkatkan jumlah putaran di seri-seri berikutnya.

MotoE 2 2019

Di musim awal, untuk jadwal balapan pada musim 2019 nanti baru akan digelar di lima seri khusus di Eropa, baru selanjutnya berkembang ke seluruh dunia.

“Pada 2019, lima balapan akan digelar di lima sirkuit Eropa sesuai kalender MotoGP™. Hal ini memberi ruang lingkup yang luas MotoE ™ untuk masa depan. Dimulai di Eropa dengan tujuan untuk berkembang di seluruh dunia,” demikian rilis motogp.com.

baca – Jadwal MotoGP 2018

Jadwal aktivitasnya pun sama dengan kelas lainnya, yakni dibuka dengan sesi latihan pada hari Jumat, kualifikasi hari Sabtu dan balapan pada hari Minggu.

Sebelum musim perdana MotoE ™ dimulai 2019 nanti, tes resmi pertama untuk pengendara dan tim dijadwalkan berlangsung di Circuito de Jerez – Spanyol pada bulan Februari 2019 nanti. Ada selaku pemasok ban dalam kelas ini adalah Michelin.

“Michelin akan menjadi satu-satunya pemasok ban untuk FIM Enel MotoE ™ World Cup,” pungkas rilis tersebut.

Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s