Jonas Folger Absen di MotoGP 2018

Pembalap Tim Monster Yamaha Tech-3 – Jonas Folger, menyatakan tidak akan membalap di MotoGP musim 2018 ini. Kondisi kesehatan membuat pembalap Jerman itu merasa tidak siap untuk bertarung di MotoGP tahun ini.

Seperti diberitakan motogp.com, dengan berat hati Folger menyatakan niatnya untuk absen di MotoGP 2018.

“Saya sangat sedih untuk mengatakan ini, tapi saya tidak akan balapan MotoGP pada 2018,” kata Folger.

Jonas Folger

Ilustrasi : Pembalap Tim Monster Yamaha Tech-3 – Jonas Folger   foto: motogp.com

Sejak empat seri jelang berakhirnya musim balap 2017, Folger sudah absen di MotoGP. Ia mengalami gangguan kesehatan, yang didiagnosis Gilbert Syndrome atau gangguan hati ringan. Namun hingga kini ia belum mampu melakukan pemulihan hingga 100%. Akibatnya Folger tidak bisa tampil membalap dengan sepenuhnya.

“Saya tidak bisa melakukan pemulihan seperti yang saya harapkan. Dan pada tahap ini saya tidak bisa membalap di MotoGP seratus persen,” kata Folger.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang terlibat, tapi terutama kepada Tim Monster Yamaha Tech3, Yamaha Factory Jepang, Monster Energy, HJC, IXON, Forma Boots dan Rudy Project. Saya berharap suatu hari nanti bisa kembali, dan saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda yang terus-menerus,” pungkasnya.

baca – Van der Mark kembali gantikan Folger di GP Valensia

baca – Marquez juara GP Sachsenring delapan kali beruntun, pimpin klasemen MotoGP

Sementara Manager Tim Monster Yamaha Tech3 – Herve Poncharal, mengaku terkejut dengan kuputusan Folger tersebut, namun ia tetap menghormati keputusan rider Jerman itu.

“Tadi malam (Selasa 23/1) saya menerima telepon dari Bob Moore, Manajer pribadi Jonas Folger. Saya tidak percaya apa yang dikatakan Bob, bahwa Jonas Folger memutuskan untuk tidak balapan lagi pada musim MotoGP 2018, karena merasa tidak pulih seratus persen baik secara mental maupun fisik,” ujar Poncharal.

baca – Jadwal MotoGP 2018

“Masih sulit bagi saya untuk percaya, bahwa dia tidak akan berlomba lagi dengan kami di tahun 2018, terutama karena dia adalah orang yang sangat saya percaya, dan saya meyakini kami akan mencapai tingkat teratas tahun ini,” tambahnya.

Poncharal tetap berusaha menghormati keputusan Folger meskipun sulit diterimanya. Ia pun akan berusaha mencari pembalap pengganti, walau itu tidak mudah. Mengingat saat ini para pembalap cepat sudah terikat kontrak dengan tim-tim lain.

Sejak debut di kelas utama MotoGP pada tahun 2017, Folger sudah 14 kali tampil. Prestasi terbaiknya adalah meraih runner-up di GP Scahsenring – Jerman. Saat itu pembalap bernomor 94 tersebut bertarung sengit dengan Marc Marquez.

Demikian, semoga bermanfaat.