Rossi Masuk Daftar Nominasi Laureus Awards kategori Comeback of the Year

Laureus Awards adalah penghargaan yang diberikan kepada olahragawan atau sebuah tim, usai mengatasi cedera, sakit, kesulitan, atau kegagalan, selanjutnya kembali bangkit untuk meraih kemenangan di pertarungan berikutnya.

Valentino RossiA

Ilustrasi : Pembalap Movistar Yamaha MotoGP – Valentino Rossi

Penghargaan ini sekaligus juga menjadi tanda sebuah fightback bersejarah, oleh individu atau tim dalam sebuah olahraga, demikian, tulis laureus.com.

Beberapa nama yang masuk daftar nominator Laureus Awards untuk kategori Comeback of the Year adalah sebagai berikut :

  1. FC Barcelona – (Spanyol) Sepak Bola, klub sepak bola Spanyol ini berhasil mengalahkan Paris Saint-Germain (Perancis) dengan skor 6-1, di babak 16 besar Liga Champions Eropa. Barca menjadi tim pertama dalam sejarah Liga Champions yang membalikkan defisit, setelah kalah 4-0 di leg pertama.
  2. Roger Federer – (Swiss) Petenis, Federer sempat mengalami cidera lutut di parum musim kedua 2017, namun mampu kembali dengan kuat di tahun 2017 dengan memenangi gelar kelima di Australian Open dan gelar kedelapan di Wimbeldon.
  3. Justin Gatlin – (AS) Atletik, setelah sempat mengalami pelarangan beranding akibat gagal tes doping akibat mengonsumsi obat-obatan terlarang pada tahun 2001 dan 2006, pelari Amerika itu berhasil melakukan rehabilitasi, dan akhirnya memenangkan medali emas kelas 100 meter di Kejuaraan Dunia 2017 di London dengan catatan waktu 9,92 detik. Justin Gatlin berhasil mengalahkan pelari kenamaan, Usain Bolt.
  4. Sally Pearson – (Australia) Atletik, ia kembali berlomba di kejuaraan dunia sejak tahun 2013 setelah mengalami cedera pergelangan tangan, hamstring dan achilles tendon yang parah. Sally Pearson sukses memenangkan medali emas kelas rintangan 100 meter di Kejuaraan Dunia yang berlangsung di London, pada usia 30 tahun. Trek dimana ia meraih medali emas tersebut adalah trek yang sama di mana ia memenangkan medali emas pada Olimpiade 2012.
  5. Valentino Rossi – (Italia) Pembalap MotoGP. Penderitaannya akibat patah tulang tibia dan fibula saat latihan enduro pada 31 Agustus 2017, membuatnya kesulitan merebut gelar juara 2017. Namun semangat untuk bangkit itu ditunjukkan pembalap yang membela Tim Movistar Yamaha MotoGP tersebut. Hanya dalam waktu 25 hari, Rossi kembali beraksi di lintasan balap. Hasilnya ia tampil heroik dan berhasil finis di posisi kelima di GP Aragon. Aksi comeback Rossi menimbulkan decak kagum, apa lagi dilakukan oleh seorang pembalap yang telah berusia 38 tahun.
  6. Chapecoense – (Brasil) Sepak Bola, dengan penuh keberanian klub ini kembali tampil setelah kecelakaan pesawat tragis yang menewaskan 19 pada bulan November 2016. FC Barcelona mengundang tim yang telah dibangun kembali untuk berpartisipasi dalam pertandingan persahabatan pada bulan Agustus dengan orang-orang yang selamat.

Ini bukan kali pertama Rossi masuk dalam daftar nominasi Laureus Awards. Pada tahun 2011 The Doctor juga pernah meraih penghargaan untuk kategori Comeback of the Year. Selain itu Rossi juga pernah memenangi penghargaan kategori Spirit of The Sport Award, pada tahun 2006.

baca – Rossi membuat sejarah 6 kali menang di Monza Rally Show

baca – Viñales raih pole position GP Aragón, Rossi start posisi ketiga

Namun demikian, diperkirakan Rossi akan menghadapi persaingan ketat dalam Laureus Awards tahun ini. Pasalnya, lima nominator lain dalam kategori Comeback of the Year juga berpeluang kuat.

Pemenang penghargaan ini akan dipilih oleh Laureus World Sports Academy, dan baru diketahui hasilnya pada 27 Februari 2018.

Demikian, semoga bermanfaat.