Raih Top Speed terbaik, Galang Hendra posisi 5 menuju Superpole 2 WSSP300, Jerez-Spanyol

Kejuaraan World Superbike Championship 2017 yang menghadirkan kelas World Supersport 300 (WSSP300) digelar di Sirkuit Jerez – Spanyol, tanggal 20-22 Oktober 2017. Pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI), Galang Hendra Pratama bersama dengan 6 pembalap Yamaha bLU cRU siap beraksi pada seri ke-9 atau final dari ajang balap FIM World Supersport 300 ini.

Galang Hendra posisi ke-5

Iustrasi : Galang Hendra di ajang balap WSSP300

Kondisi cuaca di Sirkuit Jerez saat latihan bebas 1 dan 2 (FP1 dan FP2) pada hari Jumat, 20 Oktober 2017 berlangsung cerah dengan kecepatan angin yang tinggi. Dalam sesi latihan bebas pertama, Galang Hendra meraih catatan waktu 1 menit 57.142 detik dan menempati posisi 11.

“Pertama kali di sirkuit Jerez ini dengan Yamaha YZF-R3. FP1, saya berusaha mengenal sirkuit, juga mencoba beberapa setting-an terutama pada perbandingan final gear,” kata Galang Hendra sesaat setelah selesai FP1.

baca – Galang Hendra Juara Race 2 ARRC 2017 Madras – India

baca – WSSP300 Portugal – Sempat ke posisi ke-6, Galang Alami Kendala Elektronik

Tampil berstatus wild card dengan Tim Motox Racing, Galang Hendra tampil lebih baik di FP2. Sejak sesi awal FP2 menunjukan performa impresif. Galang berhasil menempati di posisi ke-4 dengan catatan waktu yang lebih cepat 0.802 detik sekaligus mencetak top speed terbaik 187,6 km/jam.

“Saya senang dengan hasil sesi latihan hari ini. FP2 saya memaksimalkan semua sektor dan masuk top 5 besar. Terima kasih untuk Yamaha dan semua crew Tim Motox Racing. Untuk Superpole 2, saya sudah mempunyai rencana bersama tim agar berada di depan. Mohon doa dan dukungannya untuk Merah Putih Semakin Di Depan,” tambah Galang Hendra.

Berdasarkan hasil kombinasi dua sesi latihan bebas, maka Galang berada di posisi 5. Adapun 10 pembalap yang melaju ke babak penentuan grid-start (Superpole 2) adalah Bonoli, Coppola, Garcia, Gonzalez, Galang Hendra, Derque, Schotman, Rusmiputro, De La Vega & Valle. Sesi ini memperebutkan posisi start dari 1-12 bersama 2 pembalap tercepat pada sesi Superpole 1.

baca – Klasemen sementara Kelas UB150 & AP250 ARRC 2017 setelah seri India

“Di FP1 tim mendapatkan beberapa data pada setiap segmen atau sektor. Dari data per sektor, tim dan Galang mencari optimalisasi baik rider maupun set-up motor. Kami berharap hasil superpole 2 nanti memperoleh output yang baik untuk menentukan grid start,” tegas Kadek Suma, dari Divisi Motorsport Yamaha Indonesia Motor Mfg, yang mendampingi Galang dalam mengikuti kejuaraan WSSP300 ini.

Sebelumnya pembalap asal Yogyakarta itu juga tampil dalam World Supersport 300 di Portugal pada 17 September 2017 yang lalu. Namun karena mengalami kendala elektronik di motornya, sehingga ia tidak mendapatkan hasil masksimal bahkan harus masuk paddock pada lap ke 9.

Demikian, semoga bermanfaat.