Senjata rahasia Dovizioso: Latihan Fisik dan Mental

Pembalap Tim Ducati – Andrea Dovizioso tampak berubah dan berhasil menempel ketat pembalap Honda – Marc Marquez dalam perolehan poin di klasemen sementara. Saat ini Dovi (panggilan Dovizioso) telah meraih 233 pin atau hanya terpaut 11 angka dari Marquez sang pemimpin klasemen.

Pembalap Italia itu membeberkan rahasia keberhasilannya di ajang balap MotoGP, seperti pada saat wawancara dengan motogp.com baru-baru ini. Dovi berbicara tentang cara ia berlatih, mengelola mentalitas dan merubah gaya balap, sehingga ia mampu meraih lima kemenangan setidaknya sampai dengan seri kelima belas musim ini.

Andrea Dovizioso 2017

Ilustrasi : Pembalap Tim Pabrikan Ducati Andrea Dovizioso (kiri)          foto: motogp.com

“Semua orang bekerja di fisik mereka, tetapi pikiran (mental) Anda jauh lebih besar,” kata Dovizioso seperti diberitakan motogp.com, 19 Oktober 2017.

“Setiap orang memiliki margin untuk memperbaiki area (kelemahan) itu. Saya menemukan sesuatu yang sangat menarik dan ini berhasil, itulah salah satu alasan (sehingga) kami bisa bersaing tahun ini,” tandasnya.

baca – Dovizioso Juara MotoGP Jepang, selisih poin tinggal 11 angka

baca – Dovizioso Juara GP Silverstone, Marquez gagal finis

Pelatihan tentang cara berpikir ini didapat dari Dr. Claudio Costa, pendiri Clinica Mobile. Dr. Costa membagi dalam dua pelatihan irasional dan rasional menjadi dua gambar: kuda putih mewakili rasional dan kuda hitam yang mewakili irasional.

“Dr. Costa selalu mencoba menjelaskan kepada semua orang dengan (gambaran) kuda hitam dan putih, yang irasional dan rasional,” kata Dovizioso.

“Dan dia menyampaikan kepada saya bahwa saya selalu terlalu rasional. Dia mengatakan ‘Anda memiliki potensi besar tapi Anda tidak menggunakannya, karena Anda berpacu dengan kepala Anda dan Anda tidak merasa banyak!’ Tahun ini saya terapkan teori tersebut dan Anda bisa lihat hasilnya,” pungkas Dovizioso.

baca – Jadwal Lengkap MotoGP Australia 2017

baca – Ini Jadwal MotoGP 2017

Pembalap bernomor 04 itu pun mampu merangsek ke posisi kedua klasemen sementara berkat lima kemenangan yang ia raih musim ini, termasuk kemenangan dramatis yang ia raih saat balapan di GP Motegi – Jepang.

Selanjutnya, kita lihat aksi pembalap Ducati itu saat balapan di Sirkuit Phillip Island, Minggu 22 Oktober 2017.

Demikian, semoga bermanfaat.