Sejarah dan Profil Sirkuit Silverstone – Inggris

Kalender balap MotoGP seri kedua belas, akan berlangsung di Sirkuit Silverstone – Inggris, pada Minggu 27 Agustus 2017. Balapan di sirkuit sepanjang 5,9 km tersebut akan berlangsung sengit, mengingat para rider di lima besar klasemen sementara sedang mencoba mengejar poin untuk memperbaiki posisi di klasemen.

Marc Marquez akan berusaha mempertahankan posisi sekaligus menambah gap poin dari rider di bawahnya, sementara Andrea Dovizioso, Maverick Viñales, Valentino Rossi dan Dani Pedrosa akan berusaha menipiskan jarak poin dari para pembalap di atasnya.

Sirkuit Silverstone

foto: motogp.com

Sekilas tentang Sirkuit Silverstone-Inggris, pameran motor di Silverstone Grand Prix pertama kali diadakan pada tahun 1977, yang merupakan pameran kali pertama di daratan Inggris. Kejuaraan dunia balap di Inggris diselenggarakan sejak tahun 1949, tepatnya di Sirkuit Isle of Man TT. Namun sejak tahun tahun 1988 sampai 2009, balapan kejuaraan dunia itu pindah ke Donington Park, dan pindah lagi ke Silverstone pada tahun 2010, setelah absen selama 23 tahun.

baca – Profil Sirkuit Red Bull Ring – Spielberg Austria

baca – Profil Sirkuit & Jadwal MotoGP Perancis 2017

Silverstone pun telah menjadi salah satu tempat yang paling bergengsi dalam kejuaraan motorsport. Setelah 60 tahun yang bersejarah, Sirkuit Silverstone benar-benar dirubah penampilannya dengan investasi jutaan poundsterling pada 2010. Tampil dengan desain dan tata-letak yang baru Silverstone menjadi landmark baru dengan fasilitas yang semakin lengkap.

Inggris telah mengirimkan beberapa pembalap terbaik dalam sejarah balap kelas dunia, seperti : Mike Hailwood, John Surtees, Phil Read dan Barry Sheene yang melegenda. Di era saat ini para rider Inggris seperti: Cal Crutchlow, Scott Redding, Bradley Smith dan Sam Lowes juga berbicara banyak di kancah MotoGP.

Tahun lalu, Maverick Viñales memenangi balapan 20 laps di Silverstone, disusul Cal Crutchlow dan Valentino Rossi di podium kedua dan ketiga.

Sirkuit Silverstone memiliki panjang total 5,9 km dengan 8 belokan ke kiri dan 10 belokan ke kanan. Lebar lintasannya 15m, dan lintasan lurus terpanjang mencapai 770m. Balapan di sirkuit ini berlangsung dalam 20 putaran untuk kelas MotoGP, 18 putaran kelas Moto2 dan 17 putaran untuk kelas Moto3.

Demikian semoga bermanfaat.

Advertisements